MPLS ONLINE
Website Resmi SMP Negeri 1 Kuta Selatan

Pengembangan Sikap Demokrasi

Tanggal posting: 08 Juli 2021 Oleh : Panitia PPDB

  1. Pengertian

Pengertian sikap demokratis (brainly.co.id) secara sederhana adalah sebuah tindakan yang akan didasari pada nilai demokrasi. Kemudian sikap perilaku demokratis ini sendiri akan dapat melakukan pendukungan terhadap pelaksanaan dari prinsip demokrasi. Perilaku demokratis pada umumnya juga akan terbentuk ke dalam berbagai macam hal lainnya seperti:

  1. Menerima segala macam bentuk tindakan demokratis yang berasal dari orang lain menerima segala macam kritikan dengan sangat lapang dada dan menghargai pendapat yang telah diberikan oleh orang lain.
  2. Melakukan segala macam perilaku demokratis kepada orang lain seperti tidak memaksakan kehendak dan tidak memiliki sikap egois.
  3. Melakukan segala macam tindakan demokratis didalam lingkungan keluarga seperti lebih saling menghargai pendapat yang ada dan mendiskusikan segala masalah.
  4. Melakukan segala macam tindakan demokratis didalam lingkungan sekolah seperti melakukan pemilihan ketua kelas, membuat sebuah struktur organisasi kelas, dan memiliki ketua OSIS.
  5. Melakukan segala macam tindakan demokratis didalam lingkungan masyarakat seperti memilih ketua RT, RW dan kepala desa dan melakukan kegiatan musyawarah desa.
  1. Nilai-Nilai Demokrasi

Nilai-nilai demokrasi menurut Cipto, et al (2002: 31-37) meliputi: 

  1. Kebebasan Menyatakan Pendapat 

Kebebasan menyatakan pendapat adalah sebuah hak bagi warga negara biasa yang wajib dijamin dengan undang-undang dalam sebuah sistem politik demokrasi (Dahl, 1971). Kebebasan ini diperlukan karena kebutuhan untuk menyatakan pendapat senantiasa muncul dari setiap warga negara dalam era pemerintahan terbuka saat ini. Dalam masa transisi menuju demokrasi saat ini perubahan-perubahan lingkungan politik sosisl, ekonomi , budaya, agama, dan teknologi sering kali menimbulkan persoalan bagi warga negara maupun masyarakat pada umumnya. Jika persoalan tersebut sangat merugikan hak-haknya selaku warga negara atau warga negara berharap agar kepentingannya dipenuhi oleh negara,dengan sendirinya warga negara berhak untuk menyampaikan keluhan tersebut secara langsung maupun tidak langsung kepada pemerintah. 

Contoh penerapan di keluarga 

7 Cara Budayakan Demokrasi dalam Keluarga | kumparan.com

Contoh penerapan di sekolah :

D:\download (1).jpg

Contoh penerapan di tempat kerja:

Pentingnya Kehidupan Demokratis | asefts63.wordpress.com
  1. Kebebasan Berkelompok 

Berkelompok dalam suatu organisasi merupakan nilai dasar demokrasi yang diperlukan bagi setiap warga negara. Kebebasan berkelompok diperlukan untuk membentuk organisasi mahasiswa, partai politik, organisasi massa, perusahaan dan kelompokkelompok lain. Kebutuhan berkelompok merupakan naluri dasar manusia yang tak mungkin diingkari. Demokrasi menjamin kebebasan warga negara untuk berkelompok termasuk membentuk partai baru maupun mendukung partai apa pun. Tidak ada lagi keharusan mengikuti ajakan dan intimidasi pemerintah. Demokrasi memberikan alternatif yang lebih banyak dan lebih sehat bagi warga negara. Itu semua karena jaminan bahwa demokrasi mendukung kebebasan kelompok. 

Contoh sikap :

√ [Lengkap] 18+ Contoh Sikap Demokrasi di Berbagai Lingkungan!
  1. Kebebasan Berpartisipasi 

Kebebasan berpartisipasi sesungguhnya merupakan gabungan dari kebebasan berpendapat dan berkelompok. 

Ada empat jenis partisipasi. 

Pertama, adalah pemberian suara dalam pemilihan umum, baik pemilihan anggota DPR/DPRD maupun pemilihan Presiden. Di negara-negara demokrasi yang sedang berkembang seperti Indonesia pemberian suara sering dipersepsikan sebagai wujud kebebasan berpartisipasi politik yang paling utama. Pada umumnya negara demokrasi yang baru berkembang senantiasa mengharapkan agar jumlah pemilih atau partisipan dalam pemberian suara dapat mencapai suara sebanyak-banyaknya. Dalam demokrasi sebenarnya tidak ada keharusan untuk memberikan suara dengan cara-cara kekerasan. 

Contoh gambar : 

D:\download (3).jpg
D:\images (1).jpg

Kedua, adalah bentuk partisipasi yang disebut sebagai melakukan kontak/hubungan dengan pejabat pemerintah. Bentuk partisipasi yang kedua ini belum berkembang luas di negara demokrasi baru. Kontak langsung dengan pejabat pemerintah ini akan akan semakin dibutuhkan karena kegiatan pemberian suara secara reguler (pemilihan anggotaDPR/Presiden) dalam perkembangannya tidak akan memberikan kepuasan bagi masyarakat. 

Ketiga, melakukan protes terhadap lembaga masyarakat atau pemerintah. Ini diperlukan oleh negara demokrasi agar sistem politik bekerja lebih baik, Pernyataan protes terhadap kebijakan divestasi bank, privatisasi BUMN, kenaikan harga tarif listrik, telepon dan harga BBM adalah bagian dari proses demokrasi sejauh itu diarahkan untuk memperbaiki kebijakan pemerintah atau swasta dan tidak untuk menciptakan gangguan bagi kehidupan politik. 

Keempat, mencalonkan diri dalam dalam pemilihan jabatan publik mulai dari lurah, bupati, walikota, gubernur,anggota DPR/DPRD hingga presiden sesuai dengan sistem pemilihan yang berlaku. 

Contoh sikap : 

D:\download (4).jpg
  1. Kesetaraan antar Warga 

Kesetaraan atau egalitarianisme merupakan salah satu nilai fundamental yang diperlukan bagi pengembangan demokrasi di Indonesia. Kesetaraan di sisi lain diartikan sebagai adanya kesempatan yang sama bagi setiap warganegara. Keseteraan memberi tempat bagi setiap warga negara tanpa membedakan etnis, bahasa, daerah, maupun agama. Nilai ini diperlukan bagi masyarakat heterogen seperti Indonesia yang sangat multietnis, multibahasa, multidaerah, dan multiagama. Heterogenitas masyarakat Indonesia seringkali mengundang masalah khususnya bila terjadi mis komunikasi antarkelompok yang kemudian berkembang luas menjadi konflik antarkelompok. 

Contoh sikap : 

D:\download.jpg
  1. Rasa Percaya (Trust) 

Jika rasa percaya tidak ada maka besar kemungkinan pemerintah akan kesulitan menjalankan agendanya karena lemahnya dukungan sebagai akibat dari kelangkaan rasa percaya. Dalam kondisi seperti ini pemerintah bahkan bisa terguling dengan mudah sebelum waktunya sehingga membuat proses demokrasi berjalan semakin lambat. Konsekuensi dari kebutuhan akan rasa percaya ini masing-masing politisi juga harus mengembangkan rasa percaya terhadap politisi yang lain sehingga timbul hubungan yang didasarkan pada rasa percaya satu sama lain. Bahkan, agar pemerintah dipercaya maka ia pun harus mampu menumbuhkan rasa percaya pada dirinya sehingga tumbuh pula rasa percaya dari masyarakat luas terhadap pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN 2598-5973 11 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta e-ISSN 2599-008X 193 

Contoh sikap rasa percaya diri di sekolah/kampus:

D:\download (1).jpg
Hasil gambar untuk contoh sikap demokratis
  1. Kerja sama 

Kerja sama diperlukan untuk mengatasi persoalan yang muncul dalam masyarakat. Kerja sama yang dimaksud di sini adalah kerja sama dalam hal kebajikan. 

Contoh sikap kerja sama/gotong royong:

D:\images.jpg
  1. Pengembangan Sikap Demokratis 

Mahasiswa Pendidikan demokratis menurut Zamroni (2001: 8) adalah mendidik warga masyarakat agar:

  • gampang dipimpin tetapi sulit dipaksa, 
  • gampang diperintah tetapi sulit diperbudak. 

Sebagai warga dari masyarakat demokratis, masing-masing warga dengan sukarela senantiasa taat pada undang-undang dan peraturan yang telah ditetapkan. Namun apabila undang-undang atau peraturan dilecehkan, mereka akan bangkit. Apalagi, kalau mereka dipaksa melakukan sesuatu yang bertentangan dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Demikian pula reaksi spontan warga masyarakat akan muncul apabila justru penguasa sendiri yang dengan sengaja dan sadar melecehkan undang-undang atau peraturan yang ada.

Sumber : Pengembangan Nilai-nilai Demokrasi dengan Model Pembelajaran Diskusi Kelas 

Tukiran1, Wildan Nurul Fajar2, Muhammad Abduh3 1,2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto 3Universitas Muhammadiyah Surakarta Pos-el: wildannurulfajar.wnf@gmail.com

Contoh Sikap Demokrasi Dalam Bernegara

  1. Menerima dengan lapang dada hasil pemilihan umum.
  2. Menjadi pemimpin yang menghargai pendapat rakyat. 
  3. Mempunyai rasa integritas dan kejujuran. 
  4. Mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi.
Demokrasi Pancasila (Pengertian, Ciri, Fungsi, Prinsip, Asas) - Artikel &  Materi
Perilaku Budaya Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari-hari - ppt download
√ [Lengkap] 18+ Contoh Sikap Demokrasi di Berbagai Lingkungan!

 Contoh sikap demokrasi di sekolah:

Contoh Sikap Bertanggung Jawab, Jawaban Soal TVRI
D:\download (2).jpg