MPLS ONLINE
Website Resmi SMP Negeri 1 Kuta Selatan

Tata Tertib & Cara Belajar Efektif di Masa Pandemi

Tanggal posting: Sabtu, 11 Juli 2020 Oleh : Panitia MPLS

TATA TERTIB SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN

  1. Apa itu Tata Tertib?

Kita sekarang berada di lingkungan sekolah. Di sekolah ini kita hidup bersama selama waktu yang telah ditentukan. Di tempat ini para warga sekolah melakukan aktivitas dan apa jadinya bila tidak ada aturan yang mengatur aktivitas kita semua,tentu kehidupan akan kacau atau tidak tertib dan aktivitas kita tidak teratur. Oleh karena itu, agar kehidupan dan aktivitas warga sekolah ini berjalan aman, lancar dan teratur maka diperlukan sebuah aturan yang disebut Tata Tertib. Warga sekolah yang dimaksud adalah guru, staf tata usaha dan para siswa.

Tata tertib sekolah terdiri dari 3 unsur, yaitu:

  1. Perintah, yaitu ketentuan yang harus dilaksanakan oleh warga sekolah karena manfaatnya dipandang baik;
  2. Larangan, yaitu ketentuan yang tidak boleh dilakukan oleh warga sekolah karena akibatnya dipandang buruk.
  3. Sanksi, yaitu balasan atau hukuman yang diberikan kepada warga sekolah yang melanggar tata tertib sekolah.

Karena warga sekolah terdiri dari guru, staf TU dan siswa, maka tata tertib yang berlaku di SMP Negeri 1 Kuta Selatan terdiri dari 2, yaitu:

  1. Tata Tertib Guru/Staf Tata Usaha.Setiap guru dan staf TU harus tahu dan mentaati tata tertib Guru/Staf TU.
  2. Tata tertib Siswa. Setiap siswa harus tahu dan mentaati tata tertib.
  • Tujuan dan Fungsi Tata Tertib

Kedisiplinan dan ketertiban di lingkungan sekolah sangatlah penting, karena kedisiplinan dan ketertiban merupakan kunci kesuksesan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan sekolah. Namun, hal ini sering kali terjadi pelanggaran kedisiplinan dan ketertiban yang dilakukan para siswa. Oleh sebab itu kedisiplinan dan ketertiban perlu kita atur dalam sebuah tatanan yang biasa kita sebut dengan tata tertib sekolah.

Adapun dibuatnya tata tertib tersebut memiliki dua tujuan yaitu tujuan khusus dan juga tujuan umum.

  1. Tujuan khusus: agar tercipta suasana yang kondusif bagi semua warga sekolah, agar para guru bisa melaksanakan belajar mengajar dengan optimal dan supaya tercipta kerja sama diantara para orang tua dengan sekolah dalam mengemban tugas pendidikan.
  2. Tujuan umum: agar terlaksananya kurikulum secara baik serta bisa menunjang peningkatan mutu pendidikan di dalam sekolah.

Disamping tujuan diatas, tata tertib sekolah memiliki fungsi:

  1. Mengatur pergaulan siswa di sekolah
  2. Mengatur aktivitas penyelenggaraan kegiatan pendidikan di sekolah
  3. Menjadi pedoman bagi guru dalam menegakkan kedisiplinan dan ketertiban sekolah.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari adanya tata tertib sekolah, yaitu

  1. Mendukung terciptanya sikap dan prilaku yang tidak menyimpang
  2. Membantu para siswa untuk menyesuaikan diri dan memahami diri dengan tuntutan lingkungan
  3. Lingkungan sekolah yang tertib dapat memberikan gambaran lingkungan siswa yang gigih, giat, penuh perhatian, serius, dan kompetitif dalam pembelajarannya.
  4. Lingkungan sekolah yang tertib dapat memberikan andil besar terhadap lahirnya siswa yang berprestasi dan berkepribadian unggul
  5. Lingkungan sekolah yang tertib dapat mengundang kepercayaan orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMP Negeri 1 Kuta Selatan.

Sumber: https://abuelsah.wordpress.com/2015/06/18/materi-mos-pengenalan-tata-tertib-smp-negeri-2-tarowang-jeneponto/

  • TATA TERTIB SISWA SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN

Secara lengkap, Tata tertib SMP Negeri 1 Kuta Selatan tercantum pada buku saku siswa. Buku saku ini dimiliki oleh seluruh siswa SMP Negeri 1 Kuta Selatan.

Demikianlah uraian tentang tata tertib sekolah dan setiap siswa hendaknya memiliki sikap yang positif terhadap tata tertib yang berlaku di sekolah ini. Sikap positif siswa terhadap tata tertib adalah:

  1. Mematuhi tata tertib yang berlaku, sekalipun tidak ada guru
  2. Menyadari bahwa tata tertib dibuat adalah untuk menjaga kepentingan siswa di sekolah
  3. Mengingatkan teman agar tidak melanggar tata tertib sekolah
  4. Menasehati teman yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah
  5. Menjadi teladan bagi teman dalam mematuhi tata tertib sekolah
  6. Membantu teman yang mengalami masalah di lingkungan sekolah
  • JANJI SISWA SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN


TUGAS : Anak-anak silahkan membuat video membacakan janji siswa kemudian di upload pada link berikut ini: https://forms.gle/YbcZqRqFQFdieVni6

CARA BELAJAR EFEKTIF DIMASA PANDEMI

  1. Anggap seperti sekolah luring

Buat rutinitas seperti saat sedang sekolah secara offline atau luring. Bangun pagi sesuai jadwal biasanya, mandi, sarapan, dan jangan lupa berdoa/sembahyang.

  1. Olahraga Ringan dan Banyak Minum

Tubuh juga harus mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Selama berada di rumah, hampir semua aktivitas dilakukan sambil duduk. Hal ini membuat sendi dan tulang harus banyak digerakkan. Lakukan peregangan setiap 1 – 2 jam sekali dan jaga tubuh agar tetap terhidrasi.

  1. Disiplin mengatur waktu 

Atur waktu belajar kamu dengan baik, jangan mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas. Biasakan fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu. Buat daftar tugas yang harus di kerjakan, kerjakan tugas selama 30 menit, centang tugas yang sudah di kerjakan, istirahatlah maksimal 15 menit

  1. Siapkan perangkat yang dibutuhkan

Persiapkan perangkat yang kamu butuhkan, baik itu laptop, gawai, komputer maupun saklar listik untuk mengisi daya perangkat elektronik kamu agar tidak kehabisan daya di tengah-tengah fokus belajar. Pastikan juga perangkat kamu terhubung dengan jaringan internet yang baik agar kamu dapat mengakses Google classroom pada pembelajaran daring yang kamu butuhkan tanpa kendala.

  1. Memodifikasi ruang belajar

Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus lho. Kamu bisa mencari tempat seperti sudut rumah yang nyaman untuk belajar. Bila perlu kamu bisa mendekor area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar kamu (tapi jangan lupa izin orangtua dulu yaa). Usahakan tempat belajar dengan kamar tidur terpisah. Hal ini bisa meminimalisir rasa malas karena ingin rebahan di tempat tidur. 

  1. Fokus Saat Belajar

Jika kondisi tubuhmu belum efektif untuk belajar, istirahatkan diri sebentar. Ambil napas panjang dan buat tubuhmu terhidrasi dengan banyak minum. Pastikan tidak ada gangguan di sekitarmu. Simpan smartphone, konsol game, atau buku novel saat sedang belajar. Kembalikan fokusmu terlebih dahulu agar materi pelajaran bisa dicerna dengan baik.

  1. Tulis Ulang Materi Pelajaran

Menulis ulang materi pelajaran membuat siswa lebih mudah mengingat informasi yang sudah diterima. Otak akan memproses informasi dan menyimpannya secara tidak langsung saat materi dituliskan ulang di atas kertas. Cukup siapkan catatan dan tulis poin-poin yang sudah dipelajari dalam sehari. Hal ini membantumu mengingat dengan lebih baik dan cepat.

  1. Selesaikan Tugas Tepat Waktu

Fokus untuk menjadi siswa yang lebih baik. Tingkatkan tulisan tangan, pelajari cara membuat catatan yang dapat diingat untuk waktu yang lebih lama. Jadilah siswa yang terorganisir, selesaikan tugas tepat waktu, dan jadilah kreatif.

  1. Jangan Berlama-lama di Depan Laptop

Penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan. Bagi sebagian orang, belajar online untuk waktu lama malah bisa membuat tubuh lebih cepat lelah. Setelah selesai belajar, tetapkan waktu untuk menyegarkan diri dengan mendengarkan musik, tidur siang, atau apa pun yang kalian suka.

  1.  Tidur Cukup dan Tidak Begadang

Aktivitas di rumah memang membuat sebagian orang juga lebih santai. Mungkin banyak orang yang tidur lebih malam. Namun, terlalu sering begadang juga bisa mengganggu metabolisme tubuh terganggu. Sebaiknya, kurangi begadang agar fungsi tubuh tetap optimal dan proses belajar tetap nyaman meski berada di rumah.

  1.  Belajar Bersama Teman

Pada zaman yang serba canggih seperti ini, belajar bareng teman juga tidak harus dengan ngumpul bersama. Siswa bisa manfaatkan beragam aplikasi untuk video call. Dengan belajar bareng teman-teman via video call, rasa kantuk dan bosan akan hilang. Tentukan jadwal belajar bersama teman kalian.

  1.  Komunikasi dengan Guru dan teman sekelas

Meskipun kamu belajar dengan jarak jauh dari Bapak/Ibu Guru, bukan berarti kamu bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan. Tetap jaga komunikasi dengan guru dan teman sekelas. Nomor Gawai Bapak/ibu Guru sudah tertera pada Jadwal PJJ yang telah diberikan, jadi Jika kamu butuhkan penjelasan mengenai materi dan tugas dapat langsung menghubungi Bapak/Ibu Guru. Begitu juga, komunikasi dengan teman sekelas itu penting sekali agar kamu bisa berdiskusi mengenai materi atau tugas yang diberikan Bapak/Ibu Guru.

  1.  Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Di saat pandemi COVID-19 ini, kebersihan merupakan salah satu hal yang paling penting. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan tetap jaga kesehatan dengan cara memberikan asupan makan bergizi bagi tubuhmu agar tidak cepat terserang penyakit. So, Stay Clean and Stay Healthy!